Search

Berikut 5 Komponen Mobil yang Sering Keropos Akibat Terkena Air Hujan

Musim hujan memang menjadi alasan tersendiri bagi beberapa pemilik mobil untuk tak mencuci mobilnya. Akibatnya, banyak kotoran yang menempel di mobil. Usut punya usut, pembersihan mobil malah disarankan untuk lebih dirutinkan saat hujan, dikarenakan bisa memicu komponen mobil keropos. Berikut 5 komponen mobil yang rentan keropos karena kerap terpapar hujan.


1. Body Mobil

Terpapar sedemikian rupa oleh air hujan yang memiliki kandungan garam, tentu saja sangat rentan memicu terjadinya pengeroposan pada body mobil. Lihat saja, saat paparan air hujan telah mengering, maka akan timbul bercak-bercak menyerupai garam pada permukaan body mobil. Jika sudah begini, permukaan body mobil pun juga akan terlihat kusam.

Lalu, bagaimana caranya agar body mobil bisa terhindar dari risiko pengeroposan akibat terpapar air hujan? Caranya adalah dengan membilasnya tanpa sabun sesegera mungkin setelah dikendarai melalui hujan. Pastikan permukaan body mobil dikeringkan dengan lap yang menyerap air, sehingga permukaannya benar-benar kering.

2. Knalpot

Komponen selanjutnya yang juga sangat rentan menjadi keropos akibat sering terpapar air hujan adalah knalpot. Ujung knalpot yang terkena air hujan atau pun melewati genangan air cenderung jadi berkarat. Oleh sebab itu, jika Anda baru saja melakukan perjalanan di tengah hujan atau melewati genangan air, langsung bilas ujung knalpot dengan air bersih dan keringkan.

Tak hanya bagian ujung pipa knalpot saja yang berpotensi menjadi keropos dan berkarat akibat air hujan, kondisi yang sama juga rentan terjadi pada bagian pipa knalpot. Umumnya, karat yang terjadi pada pipa knalpot, disebabkan oleh karat yang awalnya berada di ujung knalpot, yang kemudian menjalar ke bagian pipanya. Jika dibiarkan saja bisa menyebabkan bolong pada pipa knalpot, loh!

3. Kampas Rem

Kampas rem juga termasuk salah satu komponen mobil keropos jika kerap terpapar air hujan. Sifat air hujan yang korosif bisa memicu munculnya karat pada kampas rem. Jika kondisinya sudah tak baik alias dipenuhi karat, tentu saja  performanya sudah tak semaksimal saat kondisinya masih baik. Jika komponen rem mengalami gangguan, tentu akan sangat berbahaya, bukan?

4. Lantai Pelindung

Komponen yang terletak di kolong mobil bisa dibilang sebagai komponen yang sangat rentan mengalami pengeroposan akibat hujan, salah satu di antaranya adalah lantai pelindung. Lantai mobil ini sendiri memang secara khusus dipasang, untuk menangkal cipratan air, berikut dengan tanah serta jenis kotoran lainnya.

Jika sekiranya tak memungkinkan untuk membersihkan sendiri lantai pelindung yang berada di kolong mobil, Anda bisa gunakan jasa pencucian mobil. Jangan biarkan lantai pelindung dipenuhi karat dan keropos, sehingga tak bisa menjalankan fungsinya dengan baik untuk melindungi bagian penting di kolong mobil dari kotoran.

5. Kondensor AC

Komponen mobil selanjutnya yang rentan berkarat dan keropos diakibatkan sering terpapar air hujan adalah kondensor AC. Posisi kondensor AC yang terbilang rendah, yakni di bagian kolong mobil, membuatnya rentan terkena percikan genangan air hujan. Akibatnya, kotoran pun akan menghalangi kisi-kisi kondensor, sehingga membuat kinerja mesin dan pelepasan panas AC jadi terganggu.

Jangan anggap mengendarai mobil kala hujan sama dengan mencucinya. Sebaliknya, air hujan malah mengotori mobil, bahkan berisiko besar menyebabkan komponen mobil keropos. Agar bisa menghindari pengeroposan mobil, cucilah mobil dengan lebih rutin setiap mobil dibawa menempuh jalan saat hujan. Setelah bersih, lap hingga kering sehingga tak ada lagi tetes air yang menempel.  

Selain menghindari pengeroposan mobil, Anda juga perlu menghindari segala macam kemungkinan buruk dengan cara memiliki asuransi kendaraan. Salah satu asuransi yang bisa Anda pilih adalah asuransi Autocillin.