Search

Pahami dengan Benar Waktu yang Tepat untuk Menyalakan Lampu Hazard Mobil

Penggunaan lampu hazard mobil yang benar ternyata belum banyak dipahami oleh pengemudi. Sayangnya, masyarakat tidak terlalu serius dalam mengetahui seperti apa penggunaan lampu hazard ini.

Penggunaan Lampu Hazard tidak boleh sembarangan, sehingga butuh informasi detail mengenai fungsi sampai waktu tepat untuk menyalakan lampu hazard.

Setiap kendaraan mobil memiliki tombol lampu hazard, kemudian dari fungsinya juga ditujukan untuk kondisi darurat. Bisa dikatakan lampu hazard ini bisa menggantikan posisi rambu-rambu lalu lintas seperti simbol segitiga merah. Untuk itu dari semua informasi seputar penggunaan lampu hazard sebaiknya dimengerti semua pengemudi mobil.

Waktu Tepat untuk Menyalakan Lampu Hazard Mobil

Seperti kita ketahui, setiap pengemudi mobil seharusnya memiliki pengetahuan seputar panel di dalam dashboard. Begitu juga panel lampu hazard yang tersedia untuk beberapa tujuan, yaitu . untuk memberi tanda kepada pengemudi lainnya bila terjadi sebuah kondisi darurat. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat pada ulasan berikut ini.

Bila Terjadi Kecelakaan

Seringkali kita melihat lampu hazard mobil menyala ketika ada sebuah momen kecelakaan di tengah jalan sehingga arus lalu lintas biasanya tersendat.

Dalam hal ini kondisi lampu hazard bisa dinyalakan sesuai aturan. Sehingga bisa menjadi sebuah tanda bahwa ada kondisi tidak diinginkan hingga membuat pengemudi lainnya harus berhati-hati saat melintas.

Kondisi saat terjadi kecelakaan memang perlu perhatian khusus karena tidak bisa diprediksi dan butuh perhatian dari pengemudi lainnya. Biasanya ada beberapa kendaraan menyalakan lampu hazard secara bersamaan dalam satu jalur sebagai tanda bahwa ada kondisi darurat.

Bila Terjadi Kondisi Jalan Rusak

Tidak hanya dipakai untuk kondisi kecelakaan saja, namun lampu hazard mobil juga bisa dinyalakan ketika terjadi kondisi jalan rusak. Hal ini diketahui sebagai tanda bahwa pengemudi lainnya harus berhati-hati dan menurunkan kecepatan untuk melewati sebuah jalan rusak.

Sekarang kondisi jalan rusak memang perlu diperhitungkan karena memberi efek kurang baik pada kendaraan. Untuk itu menyalakan indikator lampu hazard di dashboard menjadi pilihan tepat agar pengemudi lainnya bisa mengerti apa maksud dan tujuan Anda menyalakan lampu hazard.

Terjadi Kondisi Tanah Longsor

Pada kondisi tertentu seperti terjadinya bencana alam tanah longsor sehingga menutup sebagian jalan raya juga butuh menyalakan lampu hazard. Dalam hal ini kondisi tanah longsor membuat pengemudi lain harus berhati-hati untuk bisa melewati jalur di sekitar tanah longsor.

Kondisi tanah longsor membuat arus lalu lintas tidak lancar. Fungsi lampu hazard mobil diharapkan memberi bantuan notifikasi ke pengemudi lainnya agar tidak mendapat masalah ataupun mengetahui seperti apa medan jalan di depannya.

Ada Iring-Iringan Kendaraan Kepolisian

Kondisi jalan raya yang padat ataupun macet dan adanya iring-iringan kendaraan kepolisian juga bisa menyalakan lampu hazard.dengan tujuan tidak diperbolehkan mendahului kendaraan lainnya.

Oleh karena itu Pengetahuan mengenai penggunaan lampu hazard ini jelas sangat penting. Sama halnya dengan asuransi kendaraan bermotor, pahami manfaat dan kelebihannya agar sesuai dengan perlindungan Anda butuhkan. Salah satu asuransi mobil yang tepat untuk Anda adalah asuransi dari Autocillin.