Search

Segera Cek, Berikut 3 Penyebab Utama yang Sering Terjadi Saat Kabin Mobil Bau Bensin

Bau bensin yang menguap di dalam kabin mobil tentu menimbulkan rasa tak nyaman bagi penumpang. Tak hanya memicu rasa mual dan muntah, bau bensin yang begitu menyengat juga rentan memicu hilangnya konsentrasi saat tengah mengendarai mobil. Lalu, bagaimana kabin mobil bau bensin bisa terjadi? Simak 3 penyebab utamanya berikut ini.

1. Tangki Bensin Mobil Bermasalah

Jika kabin dipenuhi dengan bau bensin, bisa jadi itu disebabkan karena adanya masalah pada tangki bensin. Bisa jadi tutup tangki telah kendor sehingga tak bisa mengunci dengan sempurna, serta juga bisa disebabkan karena adanya kebocoran pada pompa, selang, atau filter bensin. Tak ada salahnya jika bau bensin menguar, Anda berhentikan mobil lalu cek kondisi tangki bensinnya.

2. Masalah pada Karburator

Selain tangki bensin yang bermasalah, bau bensin yang muncul di dalam kabin juga bisa dipicu karena adanya masalah pada karburator mobil. Bisa jadi karburator mengalami kebanjiran, karena kurang tepatnya pengaturan yang kemudian membuat campuran udara dan bensin jadi tak homogen. Kebanjiran ini juga biasanya memicu bensin tumpah pada bagian sisi karburator.

Saat bau bensin menguar di dalam kabin, coba hentikan mesin mobil terlebih dahulu, lalu cek kondisi karburatornya. Jika memang terjadi kebocoran, segera bawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki oleh teknisi yang memang ahli di bidangnya. Pembongkaran karburator sendiri memang bisa dilakukan, namun berisiko menyebabkan mobil mati total jika tak menguasainya dengan baik.

3. Kerusakan pada Selang Bensin

Kerusakan selang bensin yang mengarah ke karburator, bagian injeksi, atau membran, juga berisiko menyebabkan kabin mobil bau bensin. Oleh sebab itu, periksalah kondisi selang bensin ini, apakah ada kebocoran atau tidak. Jika sekiranya memang terdapat kebocoran pada selang bensin, segera ganti selang tersebut dengan yang baru, untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Cara Menghilangkan Bau Bensin dalam Kabin

Walaupun penyebab munculnya bau bensin di dalam kabin sudah diatasi, biasanya sisa baunya akan ada yang menetap. Anda tentu tak ingin terus-terusan merasa tak nyaman karena mencium bau bensin ini, bukan? Agar baunya bisa cepat hilang, Anda bisa cobakan 3 tips berikut ini untuk menghilangkan bau bensin di dalam kabin mobil tersebut.

1. Biarkan Kaca Mobil Terbuka

Bukalah kaca mobil Anda selama 24 jam, untuk mengeluarkan sisa bau bensin yang terperangkap di dalam kabin. Tentu saja, Anda harus pastikan dulu bahwa kondisi sekitar memang aman, sehingga mobil Anda bisa dibiarkan dalam keadaan jendela terbuka selama sehari semalam.

2. Letakkan Biji Kopi di Dalam Mobil

Cara selanjutnya untuk mengusir tuntas bau bensin di dalam mobil adalah dengan meletakkan biji kopi di dalam mobil. Anda bisa letakkan beberapa biji kopi di bawah jok atau di tempat lain, yang sekiranya tak akan terinjak saat ada penumpang di dalam mobil. Biarkan biji kopi tersebut di dalam mobil selama sekitar 1 minggu, untuk menyerap sepenuhnya bau bensin tersebut.

3. Semprotkan Cuka Apel di Kabin Mobil

Terakhir, Anda bisa coba semprotkan cuka apel di dalam kabin mobil. Sama dengan biji kopi, aroma yang dikeluarkan oleh cuka apel akan bisa menetralisir bau bensin yang memenuhi kabin mobil. Campurkan cuka apel tersebut dengan air, lalu semprotkan di kabin dan biarkan selama 1 malam dengan kondisi kaca mobil terbuka.

Saat kabin mobil bau bensin, pastikan Anda menghentikan dulu mobil Anda dan mencari sumber bau bensin tersebut. Jika bau bensin disebabkan karena kerusakan komponen mobil, tentu saja langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membawa mobil ke bengkel. Jika masih ada bau bensin yang tersisa, Anda bisa gunakan 3 tips di atas untuk menetralisir baunya.

Tidak ingin hal yang tidak menyenangkan terjadi pada kendaraan Anda? Segera ajukan asuransi Autocillin. Pengajuan mudah via daring dan klaim pun mudah hanya dengan telepon call center atau download Autocillin Mobile Claim.